Selasa, 27 April 2010

KEYAKINAN DALAM DIRI

Seiring dengan bertambahnya usia, ternyata manusia itu belum tentu bijak dalam setiap langkahnya… Ada tipe manusia yang mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya yang kurang positif, sehingga ia dengan begitu cepatnya berubah menjadi seperti orang lain, padahal belum tentu ia nyaman dengan itu. Ada pula yang terpengaruh, tetapi ia sadar dan segera menarik diri dari kesalahan tersebut, lalu berusaha menjadi diri sendiri yang apa adanya. Juga ada yang dengan waspada melihat perubahan yang terjadi, sehingga ia menyesuaikan diri dengan situasi yang ada, sembari berpegang pada keyakinan positif dalam dirinya. Sebenarnya, yang mana pun tipe yang kita miliki, satu yang terpenting adalah bagaimana cara kita menyikapinya. Dari apa pun yang kita alami, semua pasti mempunyai sisi poritifnya, jadi kita bisa menganggap itu sebagai pengalaman yang berharga.
Dalam kehidupan ini, segala peristiwa bisa terjadi dan bisa jauh dari apa yang kita bayangkan. Seperti yang baru – baru ini terjadi, dampak negatif dari facebook. Baru mengenal seorang yang asing dan dengan mudahnya terbawa oleh kesenangan yang sementara. Ingatlah bahwa hasil yang baik tidak mungkin diperoleh dalam semalam saja.
Untuk mengenal diri seseorang butuh waktu yang cukup lama. Siapa dia? Bagaimana karakternya? Bagaimana sikapnya saat menghadapi masalah? Apakah dia seperti yang kita perkirakan? Akankah kita dapat menerimanya? Pertanyaan – pertanyaan seperti itu harus ada dalam pikiran kita dan jawaban atas itu semestinya dapat kita jawab terlebih dahulu. Tak usah terburu – buru untuk memutuskan segala sesuatu, apalagi bila menyangkut pilihan – pilihan utama dalam kehidupan. Segala sesuatu telah ditentukan oleh Tuhan, yang akan menjadi milik kita pasti akan kita miliki dan apa yang tidak akan menjadi milik kita, bagaimana pun juga tidak akan pernah menjadi milik kita. Tak perlu membuat kita takut/cemas/khawatir akan ketidakpastian, tapi mengusahakan yang semaksimal mungkin kemampuan yang dimiliki dan membangun keyakinan diri yang kuat, dengan begitu kita pasti mampu menghadapi rintangan yang ada untuk meraih apa yang kita impikan.
“Pohon yang kuat adalah pohon yang tahan terhadap segala cuaca.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar